Remove this ad
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267

Owner of D-Cab Ranger
by FORD

Lead

Nov 5 10 5:18 PM

Tags : :

Brother D-cab semua, mohon pencerahannya niy, gw baru aja beli Ford ranger second XL. 4x2. 2003 ex Perusahaan (bukan tambang/perkebunan).
setelah gw tes jalan ada beberapa keanehan(masalah) seperti:

1: Tarikannya kurang (berat)
2: Apalagi pas mundur di jalan tanjakan ga kuat naik alias ngeden.
3: Suara mesin terlalu meraung
4: tinggkat getaran mesin tergolong besar.

Mohon pencerahannya bro, coz gw Newbie banget di bidang D-Cab niy..
Makasih..

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
Remove this ad
Remove this ad
avatar

randolph

Go Buy Your DCab !!!

Posts: 2,283 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#1 [url]

Nov 6 10 1:50 AM

Mana nih bro anton dari Ford Jakpus ? Gw coba bantu dikit yah bro, better begitu dapet mobil 2nd semua oli2 kita kuras. Mulai dari oli mesin, transmisi, minyak rem, minyak power steering, oli gardan, oli transfercase, dll. Termasuk filter2 diganti baru juga. Kalo mesin susah naik di rpm >3500, ada kemungkinan strainer sudah waktunya buat dibersihkan. Kalo tingkat getaran mesin agak kasar, bisa jadi engine mounting perlu diganti. Gak seberapa mahal kokh bro utk melihara Ranger.

Segitu dulu deh yang bisa saya bantu jawab. Semoga membantu ya.

Randy

Mobile : 0823.1010.2728
|||||| Ford Ranger XLT 2.2 TDCi 4X4 2012 ||||||

Quote    Reply   
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#2 [url]

Nov 6 10 11:14 AM

randolph wrote:
Mana nih bro anton dari Ford Jakpus ? Gw coba bantu dikit yah bro, better begitu dapet mobil 2nd semua oli2 kita kuras. Mulai dari oli mesin, transmisi, minyak rem, minyak power steering, oli gardan, oli transfercase, dll. Termasuk filter2 diganti baru juga. Kalo mesin susah naik di rpm >3500, ada kemungkinan strainer sudah waktunya buat dibersihkan. Kalo tingkat getaran mesin agak kasar, bisa jadi engine mounting perlu diganti. Gak seberapa mahal kokh bro utk melihara Ranger.

Segitu dulu deh yang bisa saya bantu jawab. Semoga membantu ya.


makasi bro Randolph, iya deh mau gw kuras2 dulu deh biar aman.. btw kalo ga kuat tanjakan gini apa koplingnya dah mau habis ya bro?? coz bener2 ga ada powernya niy kalo nanjak..
kalo engine mounting harganya kisaran berapa ya bro?? ??:

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
avatar

dardi

Go Buy Your DCab !!!

Posts: 714 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#3 [url]

Nov 6 10 2:52 PM

bro, kilometer brapa? selain yg bro randolph bilang.... ada baiknya mulai melirik injection pump kalau kilometer sudah diatas 100rb.

nambahin... setelah oli sesuai spek semua, dan filter2 sudah sehat, stel klep juga harus dilakukan. stlh itu semua normal, baru lirik injection pump. injection pump ini yg harganya agak mahal...

engine mounting harganya dari 100-150rb saja per piece.. ngga mahal koq :-)

thanx
dardi

image

Quote    Reply   
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#4 [url]

Nov 7 10 12:30 AM

dardi wrote:
bro, kilometer brapa? selain yg bro randolph bilang.... ada baiknya mulai melirik injection pump kalau kilometer sudah diatas 100rb.

nambahin... setelah oli sesuai spek semua, dan filter2 sudah sehat, stel klep juga harus dilakukan. stlh itu semua normal, baru lirik injection pump. injection pump ini yg harganya agak mahal...

engine mounting harganya dari 100-150rb saja per piece.. ngga mahal koq :-)

thanx
dardi


nah kalo kilometer siy liumayan parah bro.. udah 340.000 :grin: & niy ranger kata pemiliknya udah pernah ganti silinder head.
injection pum harga kisaran berapa bro?? oh iya kalo kopling set kemarin ada yg nawarin merk Daikin itu bagus ga bro?? kata penjualnya cukup bagus kualitas ga beda jau sama yg bawaan Ford. emang siy daikin murah harganya hampir setengahnya merk ford..
makasi ya bro..

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
avatar

dardi

Go Buy Your DCab !!!

Posts: 714 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#5 [url]

Nov 16 10 1:27 AM

injection pump kalo beli baru mahal bro... kalo kalibrasi, skitar 2jt-5jt tergantung kerusakan. kopling set kalo bisa cari yg merk Lux... tapi dekrup harus asli. kombinasi ini lumayan ngirit harga, dan Lux juga kualitasnya lumayan terjamin

thanx
dardi

image

Quote    Reply   
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#6 [url]

Nov 16 10 9:49 AM

dardi wrote:
injection pump kalo beli baru mahal bro... kalo kalibrasi, skitar 2jt-5jt tergantung kerusakan. kopling set kalo bisa cari yg merk Lux... tapi dekrup harus asli. kombinasi ini lumayan ngirit harga, dan Lux juga kualitasnya lumayan terjamin

thanx
dardi


mantab..
thx bro.. nt gw telp lw ya thx..

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
avatar

antonius pribadi

Who are you??

Posts: 73 Technical Advisor

#7 [url]

Nov 17 10 8:45 PM

Re: Ask : Beberapa masalah Ford Ranger XL .03 saya.

yoga233 wrote:
Brother D-cab semua, mohon pencerahannya niy, gw baru aja beli Ford ranger second XL. 4x2. 2003 ex Perusahaan (bukan tambang/perkebunan).
setelah gw tes jalan ada beberapa keanehan(masalah) seperti:

1: Tarikannya kurang (berat)
2: Apalagi pas mundur di jalan tanjakan ga kuat naik alias ngeden.
3: Suara mesin terlalu meraung
4: tinggkat getaran mesin tergolong besar.

Mohon pencerahannya bro, coz gw Newbie banget di bidang D-Cab niy..
Makasih..


saya cb bantu ya bro
1, coba cek seluruh saringan, yg penting adalah strainer, itu adalah saringan kecil setelah fuel filter yang masuk ke injection pump,harus buka baut inlet hose dari injection pump. bentuk saringan ini seperti kawat kasa halus.
2. kemungkinan plat kopling slip
3. bisa jadi stellan klep atau kekencangan v-belt, tapi kalo liat dari keluhan no 2,sepertinya plat kopling sudah gejala aus
4. ganti engine mounting dan transmisi mounting. biasanya gejala parah goyang saat mesin dimatikan, getaran hebat
semoga membantu

Quote    Reply   
Remove this ad
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#8 [url]

Nov 17 10 9:15 PM

Re: Ask : Beberapa masalah Ford Ranger XL .03 saya.

antonius pribadi wrote:
yoga233 wrote:
Brother D-cab semua, mohon pencerahannya niy, gw baru aja beli Ford ranger second XL. 4x2. 2003 ex Perusahaan (bukan tambang/perkebunan).
setelah gw tes jalan ada beberapa keanehan(masalah) seperti:

1: Tarikannya kurang (berat)
2: Apalagi pas mundur di jalan tanjakan ga kuat naik alias ngeden.
3: Suara mesin terlalu meraung
4: tinggkat getaran mesin tergolong besar.

Mohon pencerahannya bro, coz gw Newbie banget di bidang D-Cab niy..
Makasih..


saya cb bantu ya bro
1, coba cek seluruh saringan, yg penting adalah strainer, itu adalah saringan kecil setelah fuel filter yang masuk ke injection pump,harus buka baut inlet hose dari injection pump. bentuk saringan ini seperti kawat kasa halus.
2. kemungkinan plat kopling slip
3. bisa jadi stellan klep atau kekencangan v-belt, tapi kalo liat dari keluhan no 2,sepertinya plat kopling sudah gejala aus
4. ganti engine mounting dan transmisi mounting. biasanya gejala parah goyang saat mesin dimatikan, getaran hebat
semoga membantu


sudah ganti plat kopling tp saringan belum semua di cek skr tarikannya masih ngempos, no.4 bener banget bro mesin goyang pada saat mesin dimatikan.. kira2 apa lagi yg hrs gw lakuin bro??
wah makasi banyak ya bro jawabannya sangat membantu..

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
avatar

antonius pribadi

Who are you??

Posts: 73 Technical Advisor

#9 [url]

Nov 17 10 9:21 PM

Re: Ask : Beberapa masalah Ford Ranger XL .03 saya.

yoga233 wrote:
antonius pribadi wrote:
yoga233 wrote:
Brother D-cab semua, mohon pencerahannya niy, gw baru aja beli Ford ranger second XL. 4x2. 2003 ex Perusahaan (bukan tambang/perkebunan).
setelah gw tes jalan ada beberapa keanehan(masalah) seperti:

1: Tarikannya kurang (berat)
2: Apalagi pas mundur di jalan tanjakan ga kuat naik alias ngeden.
3: Suara mesin terlalu meraung
4: tinggkat getaran mesin tergolong besar.

Mohon pencerahannya bro, coz gw Newbie banget di bidang D-Cab niy..
Makasih..


saya cb bantu ya bro
1, coba cek seluruh saringan, yg penting adalah strainer, itu adalah saringan kecil setelah fuel filter yang masuk ke injection pump,harus buka baut inlet hose dari injection pump. bentuk saringan ini seperti kawat kasa halus.
2. kemungkinan plat kopling slip
3. bisa jadi stellan klep atau kekencangan v-belt, tapi kalo liat dari keluhan no 2,sepertinya plat kopling sudah gejala aus
4. ganti engine mounting dan transmisi mounting. biasanya gejala parah goyang saat mesin dimatikan, getaran hebat
semoga membantu


sudah ganti plat kopling tp saringan belum semua di cek skr tarikannya masih ngempos, no.4 bener banget bro mesin goyang pada saat mesin dimatikan.. kira2 apa lagi yg hrs gw lakuin bro??
wah makasi banyak ya bro jawabannya sangat membantu..



coba kalibrasi injector, tp sebelumnya cb cek strainernya
ini ranger turbo ato non turbo, kalo turbo cb cek klem hose pressure,jgn lupa cek kompresi tiap silinder, mana tahu ada yang drop

Quote    Reply   
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#10 [url]

Nov 17 10 9:43 PM

Re: Ask : Beberapa masalah Ford Ranger XL .03 saya.

antonius pribadi wrote:
yoga233 wrote:
antonius pribadi wrote:
yoga233 wrote:
Brother D-cab semua, mohon pencerahannya niy, gw baru aja beli Ford ranger second XL. 4x2. 2003 ex Perusahaan (bukan tambang/perkebunan).
setelah gw tes jalan ada beberapa keanehan(masalah) seperti:

1: Tarikannya kurang (berat)
2: Apalagi pas mundur di jalan tanjakan ga kuat naik alias ngeden.
3: Suara mesin terlalu meraung
4: tinggkat getaran mesin tergolong besar.

Mohon pencerahannya bro, coz gw Newbie banget di bidang D-Cab niy..
Makasih..


saya cb bantu ya bro
1, coba cek seluruh saringan, yg penting adalah strainer, itu adalah saringan kecil setelah fuel filter yang masuk ke injection pump,harus buka baut inlet hose dari injection pump. bentuk saringan ini seperti kawat kasa halus.
2. kemungkinan plat kopling slip
3. bisa jadi stellan klep atau kekencangan v-belt, tapi kalo liat dari keluhan no 2,sepertinya plat kopling sudah gejala aus
4. ganti engine mounting dan transmisi mounting. biasanya gejala parah goyang saat mesin dimatikan, getaran hebat
semoga membantu


sudah ganti plat kopling tp saringan belum semua di cek skr tarikannya masih ngempos, no.4 bener banget bro mesin goyang pada saat mesin dimatikan.. kira2 apa lagi yg hrs gw lakuin bro??
wah makasi banyak ya bro jawabannya sangat membantu..



coba kalibrasi injector, tp sebelumnya cb cek strainernya
ini ranger turbo ato non turbo, kalo turbo cb cek klem hose pressure,jgn lupa cek kompresi tiap silinder, mana tahu ada yang drop


non turbo bro..
2900cc
stariner ya bro??

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
avatar

dsatrio

Go Buy Your DCab !!!

Posts: 1,249 Owner of D-Cab Ranger PX
by MITSUBISHI

#11 [url]

Nov 28 10 7:49 PM

dulu ranger gua pas pindah tangan pertama kali ke gua. yaaa krg lebih mirip2 lah keadaannya kayak elu Bro..
cuma ga separah itu siih.

mesin agak kasar + getar nya lebay.hehe. dan asep agak ngepul putih, sangit abis bau nya.

trus, gw turunin dah injektornya dan semua sistem pembakarannya,
ganti lengkap dari Rotor Head, kalibrasi Pump, injector baru, nozzle, sampe valve nya yg imut2.
dulu sih abis 3.8jt. itu beres, gw ganti kopling set lengkap. trus ganti engine mounting. murah meriah kok
betul kata dardi 90-150rb, tergantung kemampuan nawar anda disini (coba cari ke Sinar Safari Motor PMK, parts ori dan KW murmer!)
yg agak mahal, yang transmission mounting (bagian bawah, yg megang transmisi) sekitar 350rb-600rb.

waktu itu gw kadang2 jg di ford jaktim.
berhubung elu cijantung kan? deket tuh kesana. coba aja tanyain ke Service Advisor namanya Romi. (ga tau lg deh dia skrg msh disana
atu nggak)

sekian itu dulu ya bro Yog!

thanks.

image


All New Ford Ranger PX, XLT 2.2L / Aurora Blue / B9804OF / Bambu Apus JKT

||||| DCabID Moderator |||||

Quote    Reply   
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#12 [url]

Nov 29 10 12:20 PM

dsatrio wrote:
dulu ranger gua pas pindah tangan pertama kali ke gua. yaaa krg lebih mirip2 lah keadaannya kayak elu Bro..
cuma ga separah itu siih.

mesin agak kasar + getar nya lebay.hehe. dan asep agak ngepul putih, sangit abis bau nya.

trus, gw turunin dah injektornya dan semua sistem pembakarannya,
ganti lengkap dari Rotor Head, kalibrasi Pump, injector baru, nozzle, sampe valve nya yg imut2.
dulu sih abis 3.8jt. itu beres, gw ganti kopling set lengkap. trus ganti engine mounting. murah meriah kok
betul kata dardi 90-150rb, tergantung kemampuan nawar anda disini (coba cari ke Sinar Safari Motor PMK, parts ori dan KW murmer!)
yg agak mahal, yang transmission mounting (bagian bawah, yg megang transmisi) sekitar 350rb-600rb.

waktu itu gw kadang2 jg di ford jaktim.
berhubung elu cijantung kan? deket tuh kesana. coba aja tanyain ke Service Advisor namanya Romi. (ga tau lg deh dia skrg msh disana
atu nggak)

sekian itu dulu ya bro Yog!

thanks.


Wah nice info banget nih.. brarti after kelar bodyrepair gw lgsg cek dari Rotor Head, kalibrasi Pump, injector baru, nozzle,engine mounting, sampe valve. total semua lw abis berapa bro??
btw Sinar Safari Motor PMK tuh dimana bro?? ada contactnya??
makasi ya bro..
:smile: :smile:

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
avatar

dsatrio

Go Buy Your DCab !!!

Posts: 1,249 Owner of D-Cab Ranger PX
by MITSUBISHI

#13 [url]

Nov 29 10 2:42 PM

Semua gw habis 3.8jt (utk urusan injektor dan sistem pembakaran mesin)

trus kalo kopling set (duluu banget ye, skrg ga tau brp) 3.6jt udah sama onkos kerja.

Sinar Safari ada di PMK (pasar mobil kemayoran) telp: 021-6543669
gua kalo belanja moving parts yg rutin abis ya disitu (macam filter udara, oil filter, brake pads)


good luck hunting nya ya!

image


All New Ford Ranger PX, XLT 2.2L / Aurora Blue / B9804OF / Bambu Apus JKT

||||| DCabID Moderator |||||

Quote    Reply   
avatar

yoga233

Still Site Ninja

Posts: 267 Owner of D-Cab Ranger
by FORD

#14 [url]

Nov 29 10 11:50 PM

dsatrio wrote:
Semua gw habis 3.8jt (utk urusan injektor dan sistem pembakaran mesin)

trus kalo kopling set (duluu banget ye, skrg ga tau brp) 3.6jt udah sama onkos kerja.

Sinar Safari ada di PMK (pasar mobil kemayoran) telp: 021-6543669
gua kalo belanja moving parts yg rutin abis ya disitu (macam filter udara, oil filter, brake pads)


good luck hunting nya ya!


mantab kayanya agak miring niy harganya.. boleh dicoba sekali lagi makasi ya bro...

||||||FORD RANGER XLT 2.9 DI. 2003. Black [B 9591 FS]||||||

Quote    Reply   
Remove this ad
Add Reply

Quick Reply

bbcode help